Kenali Lebih Jauh Tentang Burung Gelatik Indah Dan Mempesona

Tentunya anda harus mengerti jika sekarang ini banyak sekali jenis burung yang telah hadir ditengah kita. Apalagi anda para pecinta burung harus mengerti salah satu burung dengan nama burung gelatik. Siapa sangka ternyata kehadiran dari burung tersebut sudah semakin langka saja. Meskipun demikian ternyata dulunya burung tersebut seringkali bertebaran pada alam bebas. Bahkan uniknya sering menjadi musuh bagi para petani. Kini burung berkicau kali ini seakan diincar para penggemarnya.

Semakin rusaknya ekosistem dari burung tersebut ternyata mampu turunkan jumlah dari burung gelatik pada alam liar. Hal ini ternyata berakibat pula pada harga burung tersebut yang semakin lama semakin mahal. Biasanya untuk anakan burung yang masih berusia 1 bulan saja dibanderol dengan harga Rp 500.000 rupiah. Sedangkan untuk sepasang induk dari gelatik silver ini biasanya diperdagangkan dengan harga senilai 1 juta rupiah.

Adakalanya mereka membentuk sebuah populasi yang berada sekitaran area persawahan. Siapa sangka dalam membedakan jenis kelaminnya bukanlah hal yang mudah. Dimana antara jantan dan betina ini memang hampir mirip. Pada gelatik jantan biasanya anda bisa dengan mudah mengenalinya berkat adanya pangkah paruh lebih tebal dengan warna merah tajam sehingga kelihatan semakin indah. Dari bagian matanya juga cerah dan bersinar. Menariknya lagi kicauannya terbilang lebih bertenaga jika kita bandingkan dengan yang betina. Sedangkan untuk gelatik betina mempunyai paruh tipis dengan warna merah muda. Bagian matanya memang berwarna sedikit memudar dengan ukuran lebih kecil. Kicauannya ternyata monoton sekali dengan menggunakan intonasi cikļæ½cik..cik.


Konon burung gelatik ini memang masuk dalam deretan burung berukuran kecil dengan panjang kurang lebih 15 cm. Dengan adanya kepala hitam, pipi putih serta maruh merah berukuran besar menjadi ciri tersendiri bagi burung tersebut. Biasanya untuk permasalahan makanan sering mengkonsumsi bulir padi maupun biji-bijian. Bahkan terkadang juga memakan buah maupun serangga.

Perlu anda ketahui juga burung gelatik silver ternyata mempunyai dua warna yakni dark silver java dan light silver java. Siapa sangka ternyata kedua warna tersebut sekarang masih ada. Bahkan muncul pula warna baru yang tak kalah menarik yakni silver yellow dan juga silver red. Siapa sangka ternyata silver red ini adalah hasil mutasi dari gelatik silver. Dimana bulu yang ada pada bagian dada memiliki warna agak kemerahan. Tentunya jenis ini terbilang masih baru dan belum anda temukan di Indonesia sekalipun. Sedangkan untuk silver yellow ini ternyata hasil mutasi dari gelatik silver. Yang mana bulu bagian dadanya berwarna agak kekuning-kuningan.

Menariknya lagi burung gelatik ini seringkali dianggap menjadi burung yang mampu memberikan banyak keberuntungan. Dengan memelihara gelatik silver ini pastinya mampu membuat sang pemilik tak pernah hilang keberuntungannya. Inilah mengapa sekarang ini mulai banyak yang memelihara burung tersebut. Sebab dari segi tampilannya ternyata tak kalah menarik juga dari lainnya.
Menariknya lagi dari bagian hati maupun jantung burung gelatik bisa anda pergunakan sebagai obat mujarab. Ramuan tersebut dipercaya bisa mengobati beragam penyakit yang terbilang kronis. Semisal saja penyakit kanker maupun membuat anda terlihat awet muda. Semoga saja dengan beragam keunikan yang telah dihadirkan oleh burung tersebut mampu membuat siapapun berencana memeliharanya. Meskipun terbilang sedikit liar sebetulnya ada keunikan tersendiri yang bisa anda peroleh dari burung tersebut. Jadi jangan sampai anda menjadikan burung ini sebagai burung perburuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *