Fakta Menarik Terkait Panglima Burung Sosok Sakti Paling Dihormati Suku Dayak

Berbicara mengenai Suku Dayak pastinya anda mengerti jika suku tersebut berada di Kalimantan. Mereka memang sangat dihormai bahkan juga disegani. Berkat aura mistiknya yang terbilang kuat ini menjadikan suku tertua di Indonesia paling ditakuti dibandingkan lainnya. Salah satu hal yang mampu menjadikan Dayak semakin disegani teryata berkat adanya sosok Panglima Burung. Dimana sosok tersebut begitu dihormati bahkan juga dipuja orang Dayak.

Sosok tersebut merupakan pahlawan yang sudah memberikan bantuan kepada orang Dayak dalam menyelesaikan permasalaham berat. Saat Panglima Burung sudah muncul biasanya hal besar apapun bakalan segera terselesaikan. Lantas sebetulnya bagaimanakah sosoknya? Mungkin banyak yang merasa penasaran dengan sosok panglima tersebut. Dari pada merasa penasaran sebaiknya simak ulasan berikut:

1. Orangnya sangat baik hati hanya saja kejam saat marah
Dari segi kelakuannya memang ramah, baik dan juga sopan sehingga membuat siapapun merasa terpana. Tapi jangan ditanya ketika ia marah terbilang begitu kejam sekali. Ketika panglima mendengarkan ada ancaman terkait orang Dayak maka sosoknya berubah menjadi bengis. Ia tak segan menghabisi para musuhnya. Dari sini anda pun mulai mengerti tentang sosok panglima.

2. Hadir jika ada upacara pemanggilan panglima
Perlu anda ketahui juga jika Panglima Burung tersebut hanya akan hadir apabila diadakan acara upacara pemanggilan panglima yang dikenal dengan nama Mangkok Merah. Ritual tersebut biasanya dilakukan begitu mudah, hanya dengan mengumpulkan semua benda yang memiliki filosofi tinggi menurut orang Dayak. Seperti halnya daun rumbia, bulu ayam, tali simpul dan lainnya. Jika semua sudah terkumpulkan maka bahan tersebut akhirnya bisa anda tempatkan pada mangkok merah. Ritual yang satu ini memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Tanpa adanya upacara tersebut maka panglima pun tentu saja tidak akan hadir. Inilah mengapa upacara tersebut terbilang sakral dan bisa dikatakan mampu timbulkan bahaya jika dilakukan sembarangan.


3. Kesaktiannya memang legendaris
Menariknya sudah banyak cerita tengah beredar dimasyarakat maupun internet jika kesaktian dari Panglima Burung ini begitu legendaries sekali. Bisa dikatakan jika panglima tersebut sudah kebal akan yang namanya benda tajam. Jadi buat siapapun yang berusaha menyerang menggunakan senjata terbilang sia-sia. Kemampuan legendaris yang ia miliki adalah mampu terbangkan Mandau saat mencari korbannya. Dia bahkan juga mampu mencium bau musuh dengan jelas.

4. Peristiwa Sampit dan Panglima Burung
Tentunya anda harus mengerti jika telah terjadi peristiwa besar yang dihadiri oleh Panglima Burung yakni kejadian Sampit tepatnya tahun 2001. Peristiwa tersebut berhasil pertemukan orang Dayak maupun Madura saat terjadi pertikaian. Banyak sekali nyawa melayang karena kejadian tersebut. Semoga saja kejadian mengerikan tersebut nantinya tidak akan terulang kembali. Miris sekali pastinya jika harus menyaksikan banyaknya orang yang meninggal dunia.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai fakta menarik dari Panglima Burung yang ejdi gambaran dari suku Dayak. Semoga saja ulasan di atas mampu membuat anda memahami siapakah sebetulnya panglima tersebut. Apalagi sosoknya sudah dikenal sebagai orang yang kalem, sopan bahkan mampu menghormati alam. Hanya saja saat ia marah ia berubah menjadi kejam dalam waktu sekejap. Jadi usahakan lebih berhati-hati dengan panglima cukup lengendaris ini.

Pastinya dari sini anda semakin mengerti tentang seorang panglima yang kini terkenal pada suku Dayak. Dimana anda yang tadinya bertanya-tanya, kini tidak lagi penasaran mengenai hal tersebut. Hingga akhirnya bisa mengambil kesimpulan mengenai panglima tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *