Beberapa Fakta Unik Tentang Burung Bangau

Burung bangau merupakan sebutan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Burung bangau ini memiliki ukuran yang besar, berkaki Panjang, berleher Panjang. Namun lebih pendek dari burung kuntul, dan juga mempunyai paruh yang besar, kuat dan juga tebal. Untuk dapat menemukan burung bangau, dapat dijumpai di daerah yang memiliki iklim hangat.

Adapun makanan burung bangau biasanya serangga, katak, cacing, burung yang kecil dan juga ikan-ikan kecil. Burung bangau memiliki sebuah sarang yang cukup besar dan juga lebar yang memiliki diameter sekitar dua meter, sarang yang bangun biasanya memerlukan waktu yang lama bahkan hingga tahunan lamanya. Bangau juga sering dikenal sebagai hewan yang memiliki tingkat ksetia, sehingga dijadikan symbol kebahagiaan. Di bawah ini beberapa fakta unik tentang burung bangau:

1. Burung Bangau Terbang Menerapkan SebuahPrinsip
Pada saat sedang terbang ternyata burung bangau menerapkan sebuah prinsip, prinsip tersebut disebut aerodinamis. Nantinya Burung bangau akan menjulurkan kepalanya kea rah depan, kemudian kakinya didorng ke arah belakang. Dan ternyata teknik terbang melayang inilah yang dipergunakan oleh burung bangau dalam menghemat energi.

2. Polandia Merupakan Negara Tuan Rumah Bagi Burung Bangau
Polandia merupakan negara yang dapat menampung sekitar seperempat persen atau 25% jenis bagau di dunia. Apalagi ternyata masyarakat asal polandia ini juga begitu menyukai dan mencintai berbagai macam burung bangau, sehingga disana burung bangau bisa hidup dengan baik di negara ini. bentuk kecintaan masayarakat polandia dengan burung bangau ini bisa terlihat dengan penggunaan lambang di negara Polandia yaitu berbentuk sebuah angsa.

3. Burung Bangau Dijadikan sebagai Model Origami Di Jepang

Seekor burung bangau kerap dijadikan sebagai role model dalam pembuatan seni melipat kertas di negara jepang (origami), hal tersebut dikarenakan ternyata bangau memiliki arti filosofi yang sangat mendalam. Hasil dari kesenian origami tersebut bisasnya dijadikan sebagai dekorasi rumah agar menjadi lebih bagus, sebagai salah satu contohnya adalah untuk hiasan ruang tamu, kamar tidur dan bahkan jendela.

Perlu diketahui juga, ternyata masayarakat jepang juga mempercayai bahwa, jika seseorang mampu untuk menyusun seribu buah origami pada jendela rumah, maka cita-citanya akan segara tercapai.

4. Kawanan Bangau Memiliki Kebiasaan Terbang Yang Unik
Kawanan burung bangau memiliki kebiasaan yang unik, yaitu dengan membentuk formasi huruf V. formasi ini menempatkan dua burung di barisan paling depan dan satu burung di barisan paling belakang. Berdasarkan penelitian terbukti bahwa formasi tersebut dapat menghemat tenaga hingga 71 persen energi, sehingga kawanan burung bangau dapat terbang lebih jauh lagi.

5. Paruh Bangau Dapat Menyaring Makanan Yang Berukuran Kecil
Burung Bangau mempunyai paruh yang mampu menyaring makanan berukuran kecil bahkan sangat kecil, sehingga dapat dipastikan tidak ada makanan yang terlewat. Burung bangau memiliki bentuk paruh yang sangat unik, sehingga cara makannya pun berbeda dengan burung lainnya. Di tengah paruh bangau ternyata ada semacam kelokan, kelokan tersebut nantinya akan berguna untuk menyaring makanan kecil bahkan sangat kecil yang berada di dalam air.

Dan itulah beberapa fakta unik tentang burung bangau. Burung bangau ini ternyata dapat menyiapkan makanan berbentuk susui dari proses metabolisme pada tubuhnya. Burung bangau unik ini memliki banyak sekali fakta yang sangat menarik sehingga tidak heran burung ini semakin populer. Pada zaman Dahulu pada saat manusia belum menemukan alat mengukur suhu, mereka biasanya akan menunggu kedatangan burung bangau yang berimigrasi. Karena, tanda tersebut berarti musim panas sebentar lagi akan tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *