Auto Draft

Anjing Laut Cincin Saimaa merupakan satu diantara jenis mamalia laut nantinya yang hidup di Danau Saimaa, Finlandia. Ia menjadi salah satu jenis anjing laut yang termasuk ke dalam kategori keluarga Pochidae dan juga genus Pusa atau jenis anjing laut yang tidak memiliki telinga. Selain itu juga jenis anjing laut yang satu ini memiliki warna serta penanpakan fisik yang sangat indah dan juga menarik perhatian banyak orang.

Hal tersebut dikarenakan anjing laut danau saimaa ini memiliki motif cincin berwarna terang yang menghiasi tubuhnya yang gelap berwarna abu-abu. Tak heran rasanya jika banyak orang yang terpukau melihat bentuk fisik anjing laut air tawar ini. berikut ini adalah fakta unik yang dimiliki oleh Anjing Laut Cincin Saimaa yang wajib kamu ketahui.

1. Terisolasi
Anjing laut danau saimaa merupakan jenis anjing laut yang sebelumnya berhabitat di lautan. Akan tetapi setelah berakhirnya zaman es yang membuat akses menuju laut lepas menjadi tertutup dari tempat tinggalnya sekarang menuju Laut Baltik, memuatnya terisolasi dan terperangkap di Danau Saimaa. Itulah yang menyebabkannya harus bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya dan membuatnya menjadi jenis anjing laut air tawar hingga saat ini. yang hebat dari anjing laut yang satu ini adalah mereka mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada di danau tersebut yang memiliki karakteristik berlumpur dan berbentuk seperti labirin.

2. Suka menghabiskan waktunya di air

Anjing laut yang satu ini cenderung lebih suka menghabiskan waktunya di dalam air. Mereka bahkan bisa tertidur di dalam air. Anjing laut danau saimaa juga terkenal dengan kemampuan menyelamnya yang sangat baik dan mampu berenang di danau yang berlumpur dan berbentuk seperti labirin tersebut dengan sangat baik. Oleh sebab itu mereka bisa menangkap ikan dengan sangat baik. Anjing laut danau saimaa dewasa bisa memakan hingga 1.000 kg ikan setiap tahunnya.

3. Memiliki masa hidup yang panjang
Masa hiduo yang dimiliki oleh anjing laut air tawar ini pun cenderung memiliki waktu yang panjang. Hal tersebut dikarenakan mereka mampu bertahan hingga lebih dari usia 30 tahun, akan tetapi hanya sedikit dari mereka yang mampu mencapai usia 30 tahun. Kebanyakan hanya memiliki usia yang pendek bahkan tak mencapai usia 10 tahun karena anjing laut ini rentan mengalami kematian di usia muda. Anjing laut danau saimaa mulai memasuki usia yang matang atau dewasa pada usia 4-6 tahun. Meski memasuki usia dewasa yang tak terlalu lama, akan tetapi anjing laut yang satu ini hanya bisa melahirkan satu anak saja setiap tahunnya sehingga membuat jumlahnya sulit untuk bertambah karena hal tersebut.

4. Spesies yang langka
Akibat mengalami kesulitan ketika berkembang biak, anjing laut air tawar ini pun masuk pada kategori endangered versi IUCN red list. Selain itu berbagai ancaman lain pun membuat anjing laut ini jumlahnya semakin sedikit. Hal tersebut dikarenakan tingginya angka perburuan liar yang terjadi pada tahun 1940an dan air danau yang tercemar oleh merkuri pun membuat habitat anjing laut yang satu ini rusak. Meski demikian ada kabar baik dari semua itu, dikabarkan bahwa kini populasinya semakin meningkat. Pada tahun 1950-1980 dikabarkan jumlahnya hanya sekitar 100 ekor saja, kemudian bertambah menjadi 270 ekor pada tahun 2005. Lalu kabar menyebutkan bahwa kini jumlahnya di alam liar sudah mencapai 300 ekor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *